Penilaian Subtema 3
Ayo, kerjakan soal-soal pilihan ganda, isian, dan uraian di bawah ini dengan benar !
PPKn
1. menghormati agama yang diyakini orang lain termasuk toleransi dalam kehidupan........
A. Sekolah
B. Keluarga
C. Beragama
D. Masyarakat
2. berikut cara seorang pelajar mempertahankan keragaman budaya, kecuali...........
A. Menggambar di tembok atau dinding
B. Merasa bangga terhadap budaya bangsa sendiri
C. Mengetahui keanekaragaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia.
D. Mempelajari dan menguasai salah satu seni budaya sesuai dengan minat dan kesenangannya.
3. Toleransi merupakan suatu sikap saling.........
A. Mencela
B. Mengejek
C. Menghina
D. Menghargai
4. Menjaga persatuan di sekolah adalah tanggung jawab.......
Semua warga sekolah
5. memilah-milah budaya asing yang masuk ke Indonesia merupakan bentuk toleransi dalam keberagaman.........
Budaya
6. Apa saja sikap-sikap yang dapat memecah belah persatuan ?
-Menyikapi adanya keberagaman dengan tidak bijaksana
-Mengutamakan kepentingan kelompok.
-Saling Menghina satu dengan yang lain
- Tidak menghormati adat daerah lain
-Memaksakan kehendak kepada orang lain
7. Sebutkan upaya dalam menyikapi keberagaman !
-Menghargai perbedaan dalam masyarakat, baik perbedaan suku, agama, ras, budaya, maupun golongan
- Hidup berdampingan secara damai dengan orang lain meskipun berbeda suku, agama, ras, budaya, maupun golongan
- Berinteraksi dengan baik dan tanpa sekat perbedaan suku, agama, ras, budaya, dan golongan
8. Tuliskan tiga contoh toleransi di lingkungan keluarga !
-Mematuhi perintah orang tua
-Menghargai pendapat antaranggota keluarga
-Tidak memaksakan kehendak pribadi
9. Mengapa sikap toleransi itu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari ?
Karena dengan sikap toleransi dapat menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu sikap toleransi dapat mencegah terjadinya diskriminasi meskipun terdapat banyak kelompok atau golongan yang berbeda-beda dalam masyarakat serta menciptakan kerukunan antarwarga masyarakat.
10. Bagaimana cara kita toleransi terhadap keragaman budaya ?
- Mengetahui keanekaragaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia.
- Mempelajari dan menguasai salah satu seni budaya sesuai dengan minat atau kesenangannya.
- Merasa bangga terhadap budaya bangsa sendiri.
- menyaring budaya asing yang masuk ke Indonesia.
Bahasa Indonesia
Bacalah teks dibawah ini untuk menjawab soal nomor 11-13 !
Keberagaman juga dapat diperlihatkan dalam kegiatan sosial sehari-hari, toleransi beragama, dan kegiatan ekonomi. Dalam kegiatan ekonomi, di Kota Bandung banyak orang yang berasal dari Pulau Sumatra membuka usaha jual beli pakaian. Selain itu, ada juga beberapa wilayah yang didalamnya bisa kita temukan banyak pedagang yang berasal dari etnis Tionghoa. Wilayah tersebut antara lain Pasar Baru, Jalan Dulatip, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Cibadak, dan Jalan Gardu Jati.
11. Gagasan pokok paragraf tersebut adalah......
A. Pedagang berjualan di Pasar Baru
B. Kegiatan ekonomi di Kota Bandung
C. Para pedagang dari etnis Tionghoa
D. Penjual pakaian berasal dari Sumatra
12. Orang-orang yang berasal dari pulau Sumatra membuka usaha dengan menjual.......
A. Sepatu
B. Pakaian
C. Makanan
D. Peralatan
13. Wilayah yang tidak digunakan berdagang suku Tionghoa.......
A. Jalan Cibadak
B. Jalan Gardu Jati
C. Jalan Imam Bonjol
D. Jalan Jendral Sudirman
Bacalah teks dibawah ini untuk menjawab soal nomor 14 dan 15 !
Suku adalah satu kesatuan masyarakat atas dasar kesamaan bahasa, budaya, dan tempat tinggal. Misalnya, suku Dayak, mereka tinggal di Pulau Kalimantan yang memiliki bahasa dan adat istiadat Dayak. Demikian pula suku Jawa, mereka tinggal di Pulau Jawa, berbahasa dan beradat istiadat Jawa. Daerah asal suku suku di Indonesia tersebar di berbagai daerah. Setiap suku memiliki kebiasaan hidup yang berbeda-beda. Kebiasaan hidup ini menjadi budaya dan ciri khas suku masing-masing hingga membentuk suatu keragaman budaya.
14. Gagasan utama paragraf di atas terletak di....... paragraf
Awal
15. Suku Dayak tinggal di Pulau.......
Kalimantan
Bacalah paragraf di bawah ini untuk menjawab nomor 16-17 !
Gamelan Sekaten adalah benda pusaka Keraton yang disebut Kanjeng Kyai Sekati dalam dua rancak, yaitu Kanjeng Kyai Nogowilogo dan Kanjeng Kyai Guntur Madu. Gamelan Sekaten tersebut dibuat oleh Sunan Giri yang ahli dalam kesenian karawitan dan disebut-sebut sebagai gamelan dengan laras pelog yang pertama kali dibuat. Alat pemukulnya dibuat dari tanduk lembu atau tanduk kerbau dan untuk dapat menghasilkan bunyi pukulan yang nyaring dan bening, alat pemukul harus diangkat setinggi dahi sebelum dipukuli pada masing-masing gamelan.
16. Apa ide pokok pada paragraf di atas ?
Gamelan Sekaten adalah benda pusaka Keraton yang disebut Kanjeng Kyai Sekati dalam dua rancak, yaitu Kanjeng Kyai Nogowilogo dan Kanjeng Kyai Guntur Madu.
17. Apa informasi baru yang kamu dapat setelah membaca teks tersebut ?
Gamelan Sekaten adalah benda pusaka Keraton yang disebut Kanjeng Kyai Sekati dalam dua rancak, yaitu Kanjeng Kyai Nogowilogo dan Kanjeng Kyai Guntur Madu.Gamelan Sekaten tersebut dibuat oleh Sunan Giri.Alat pemukulnya dibuat dari tanduk lembu atau tanduk kerbau dan untuk dapat menghasilkan bunyi pukulan yang nyaring dan bening.
Bacalah paragraf di bawah ini untuk menjawab nomor 18-19 !
Mengembangkan potensi wisata budaya dan sejarah bisa dilakukan dengan cara merenovasi gedung atau situs bersejarah serta sarana dan prasarana penunjang objek wisata tersebut. Namun, usaha ini tidak dapat berjalan dengan maksimal dan berkelanjutan bila masyarakat terutama masyarakat setempat tidak turut serta dan peduli. Masyarakat perlu terlibat bila ingin membangun pariwisata.
18. Apa gagasan pokok pada paragraf di atas ?
Mengembangkan potensi wisata budaya dan sejarah bisa dilakukan dengan cara merenovasi gedung atau situs bersejarah serta sarana dan prasarana penunjang objek wisata tersebut.
19. Bagaimana cara mengembangkan potensi wisata budaya dan sejarah ?
Mengembangkan potensi wisata budaya dan sejarah bisa dilakukan dengan cara merenovasi gedung atau situs bersejarah serta sarana dan prasarana penunjang objek wisata tersebut.
Bacalah paragraf di bawah ini untuk menjawab soal nomor 20 !
Festival Yadnya Kasada atau Kasodo dilakukan dengan memberikan persembahan berupa hewan sembelihan, sayuran, dan uang yang akan dibuang di kawah Gunung Bromo sebagai simbol rasa syukur.
20. Apakah gagasan pokok pada paragraf diatas ?
Festival Yadnya Kasada atau Kasodo dilakukan dengan memberikan persembahan berupa hewan sembelihan, sayuran, dan uang yang akan dibuang di kawah Gunung Bromo sebagai simbol rasa syukur.
IPA
21. Benda berikut yang termasuk benda magnetis adalah........
A. Kertas
B. Benang
C. Jarum jahit
D. Plastik
22. Daerah disekitar magnet yang dipengaruhi gaya tarik magnet disebut....... magnet.
A. Medan
B. Garis gaya
C. Kutub
D. Pusat
23. Suatu gaya yang berasal dari dalam bumi yang dapat menarik benda jatuh ke bumi disebut gaya.......
A. Listrik
B. Gesek
C. Gravitasi bumi
D. Magnet
24. Memukul magnet akan.......sifat kemagnetan benda tersebut.
Menghilangkan
25. Gaya yang berlawanan arah dengan benda pada suatu permukaan disebut gaya.......
Gesek
26. Sebutkan tiga ( 3 ) cara membuat magnet !
-Induksi
-Menggosok
-Mengaliri aliran listrik
27. Apa yang dimaksud dengan gaya gravitasi ?
Gaya gravitasi adalah gaya tarik-menarik bumi terhadap benda-benda.
28. Sebutkan 3 keuntungan gaya gesek !
-Membantu benda bergerak tanpa tergelincir.
-Untuk menghentikan benda yang sedang bergerak.
-Menahan benda agar tidak bergeser.
29. Sebutkan 3 cara memperbesar gaya gesek !
-Memperkasar permukaan benda.
-Menambahkan beban pada benda.
-Melapisi permukaan benda dengan karet.
30. Mengapa saat melintas di jalan aspal yang basah akibat hujan, pengemudi kendaraan harus lebih berhati-hati ?
Karena pada saat hujan jalan akan menjadi licin yang menyebabkan gaya gesek antara ban kendaraan dengan jalan menjadi kecil. Oleh karena itu pengemudi harus berhati-hati agar tidak terjatuh dan tidak tergelincir karena jalan
IPS
31. Kelapa, sawit, tebu, dan kelapa adalah tanaman yang dihasilkan oleh perkebunan.........
A. Inti
B. Besar
C. Rakyat
D. Musiman
32. Penanaman padi di sawah termasuk usaha di bidang......
A. Perdagangan
B. Ekstraktif
C. Pertanian
D. Industri
33. Pekerjaan yang bergerak di bidang jasa, yaitu.......
A. Pengrajin keramik
B. Pembuat ukiran
C. Petugas paramedis
D. Pembatik kain
34. Usaha perikanan di air tawar dan air payau merupakan contoh usaha di bidang perikanan........
Darat
35. Memelihara ayam, itik, entok, dan burung termasuk dalam peternakan.......
Unggas
36. Sebutkan contoh dari usaha peternakan !
- Contoh peternakan hewan besar adalah peternakan sapi, kerbau, dan kuda
- Contoh peternakan hewan kecil adalah peternakan kambing, domba, dan kelinci
- Contoh Perternakan unggas adalah perternakan ayam, itik, entok, dan burung
37. Apa saja pekerjaan penduduk yang tinggal di pantai ?
-Nelayan
-Petani tambak ikan
-Petani garam
38. Apa mata pencaharian yang sesuai dengan daerahmu ?
-Petani
-Pedagang
-Peternak
-Pegawai Negeri
39. Apa yang dimaksud dengan industri ?
Industri adalah usaha pengolahan bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau barang jadi.
40. Sebutkan mata pencaharian dari bidang jasa !
-Dokter
-Guru
-Pilot
-Masinis
-Polisi
SBdP
41. Dibawah ini yang bukan termasuk karya seni rupa dengan teknik tempel adalah........
A. Montase
B. Kolase
C. Membutsir
D. Mozaik
42. Persamaan karya seni kolase dan mozaik adalah karya seni tersebut dibuat dengan teknik........
A. Potong
B. Pahat
C. Tempel
D. Jahit
43. di bawah ini adalah cara membuat karya seni rupa montase, kecuali .........
A. Menentukan tema dan membuat rancangan karya
B. Mencari gambar yang sesuai rancangan
C. membuat gambar pada selembar kertas sesuai tema yang dipilih
D. Menggunting gambar dan merekatkan potongan-potongan gambar.
44. Persamaan karya seni kolase dengan montase adalah sama-sama dibuat dengan teknik........
Tempel
45. karya seni tempel dengan mengkombinasikan kan kepingan bahan yang disusun sesuai bentuk yang diinginkan disebut Karya.......
Mozaik
46. Bagaimana cara membuat karya seni rupa montase ?
- Gunting beberapa gambar dari koran yang ingin digunakan.
- Oleskan lem pada kertas yang telah digunting.
- Tempelkan gambar yang sudah terisi lem pada buku gambar sesuai dengan keinginan, sehingga menghasilkan sebuah karya seni.
47. Apa yang dimaksud dengan karya seni kolase ?
Kolase adalah karya seni tempel yang komposisinya terdiri dari berbagai macam bahan yang ditempel pada permukaan pola.
48. Bagaimana cara membuat karya seni kolase ?
-Siapkan bahan dari bahan bekas, seperti koran, majalah, dan kertas.
- Buat gambar yang diinginkan di kalender bekas atau kertas gambar.
- Rencanakan penempelan bahan bekas pada gambar yang sudah dibuat.
- Gunting atau sobek bahan bekas sehingga berukuran kecil.
- Oleskan lem sedikit demi sedikit pada gambar yang akan ditempeli kertas.
- Tempelkan bahan bekas yang telah digunting atau disobek tadi pada kertas gambar sesuai pola gambar.
- Lakukan dengan rapi sesuai kreativitas.
Perhatikan karya seni tempel berikut !
49. Disebut apakah karya seni tempel diatas ?
Karya Kolase
50 . Apa saja bahan yang bisa digunakan untuk membuat karya mozaik ?
-Kepingan kertas
-Kepingan kulit telur
-Kepingan keramik
-Kepingan kaca
-Kepingan daun
-Kepingan batu
-Kepingan kayu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar